Kamis, 09 Oktober 2014

Cara Berhenti Merokok Bagi Pecandu

Berapa kali anda berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan berhenti merokok mulai besok? Jika anda masih membaca artikel ini, kemungkinan besar anda masih menimbang-nimbang untuk berhenti merokok. Biasanya kita membuat janji untuk berhenti merokok ketika kita mulai kehabisan napas saat berjalan menaiki tangga, setiap kali tenggorokan kita sakit, setiap kali kita membandingkan kondisi fisik kita dengan non-perokok kemudian kita menyadari bahwa kita tidak memadai dibanding mereka.

Untuk memperjelas, dan untuk menghindari kesalahpahaman, berhenti merokok adalah sebuah pilihan pribadi. Tidak ada yang bisa meyakinkan seseorang untuk berhenti merokok lebih baik dibanding dirinya sendiri. Artikel ini bukan untuk membuat kampanye anti-merokok, tidak ada keperluan untuk itu dan semua orang di seluruh dunia tahu efek berbahaya dari merokok. Artikel ini ditujukan untuk memberikan beberapa tips berguna dan mudah diikuti yang dapat membantu seseorang memutuskan untuk berhenti merokok dan bagaimana untuk mencapainya.

Merokok adalah candu. Para ahli setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil saat perokok benar-benar merasakan keinginan untuk perubahan. Ketika perokok merasa terancam oleh kebiasaan merokok bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya dan ketika ia percaya bahwa menjauh dari nikotin akan membawa manfaat yang signifikan baginya, dan juga ketika ia merasa mampu mengatasi perubahan. Sederhananya adalah keputusan ada di pikiran kita dan harus ada yang terlaksana. Setiap upaya dipengaruhi oleh cara dan larangan tertentu, serta jika tidak berasal dari keinginan kita pasti akan gagal.

Jadi jika anda telah mengambil keputusan, artikel berikut akan memandu anda tentang cara untuk berhenti merokok. Jika anda tidak merasa yakin bahwa anda ingin berhenti merokok, anda selalu dapat menyimpan artikel ini untuk digunakan suatu saat nanti.

1. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok

Biarkan teman-teman dan keluarga tahu keputusan anda untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan ke orang dekat anda untuk selalu mengingatkan anda tentang target anda berhenti merokok dan manfaat kesehatan setiap kali anda merasakan keinginan yang kuat untuk merokok. Juga, yang sangat penting, mintalah teman dan keluarga untuk tidak merokok di depan anda dan tidak meninggalkan rokok di sekitar anda.

2. Tetapkan target waktu

Tetapkan target waktu selama 2-3 minggu dimulai saat anda mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa periode ini tidak bertepatan dengan kondisi stres yang mungkin akan anda alami agar usaha anda berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani. Cobalah untuk secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang anda hisap dalam beberapa minggu mendatang sampai akhirnya anda berhenti sama sekali pada target waktu yang sudah anda tetapkan.

3. Buat jadwal

Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.

4. Mulai dengan cara yang mudah

Rekamlah dalam kondisi apa anda lebih sering merokok (kebosanan, kecemasan, persahabatan, kesepian, menonton televisi, bermain kartu, kopi, dll). Beri nilai 0 sampai 5 dengan kriteria 0 adalah “seperti kereta api” dan 5 adalah “hanya jika diperlukan”.

Cari saat di mana anda merokok “seperti kereta api”, dan buatlah upaya untuk mulai berhenti merokok secara bertahap. Dengan cara ini anda akan membuat awal yang baik dan juga meningkatkan kepercayaan diri anda untuk melanjutkan pada tahap untuk berhenti merokok sepenuhnya.

5. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok

Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti kopi, alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.

Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar