Senin, 06 Oktober 2014

Cara Marketing Yang Sampai Sekarang Masih Ampuh

Anda yang sekarang sedang bekerja menjadi seorang freelance marketing, pasti lebih sering menggunakan metode baru saat menjalankan sebuah strategi marketing. Tapi ternyata, metode lama dalam menjalankan strategi marketing juga masih sangat ampuh dan efektif untuk dipakai dalam era digital seperti ini. Ini dia beberapa metode marketing gaya lama yang bisa Anda jalankan.

1. Word-of-Mouth Marketing

Metode word-of-mouth masih menjadi senjata pamungkas dalam kegiatan marketing saat ini karena melibatkan orang secara langsung untuk mempengaruhi orang lain. Cobalah untuk memberikan semacam hadiah kepada pelanggan setia Anda yang telah berhasil mempengaruhi orang-orang baru. Bisa juga dengan cara mendorong karyawan untuk menyebarkan pesan ke lingkungan mereka berada. Cara ini memiliki potensi yang besar pada Anda karena bisa lebih menjangkau dengan baik.

2. Kartu Pos

Kartu pos memang cukup ketinggalan zaman karena tren sudah beralih ke era digital. Namun, tidak ada salahnya Anda gunakan strategi ini untuk mengirimkan tanda terima kasih kepada pelanggan. Selain mempererat hubungan yang telah terjadi, Anda pun bisa memanfaatkan kartu pos untuk menceritakan event yang sedang Anda selenggarakan agar membuat mereka lebih tertarik untuk berpartisipasi.

3. Radio

Televisi memang sangat efektif untuk menjalankan sebuah strategi marketing. Karena biayanya yang tinggi, tidak ada salahnya Anda menggunakan radio karena sampai saat ini radio masih memiliki nilai tersendiri baik untuk bisnis skala kecil maupun skala menengah serta memiliki pendengar yang lebih bisa terjangkau oleh Anda. Jadi, jangan membatasi diri Anda dalam memasang iklan karena Anda bisa menggabungkan kekuatan radio sendiri dengan cara komunikasi yang modern.

4. Koneksi pribadi

Menciptakan hubungan personal dengan pelanggan masih efektif untuk digunakan sekarang. Untuk membuat Anda terkoneksi dengan pelanggan, Anda bisa melacak kontak mereka melalui berbagai social media yang saat ini umum digunakan. Jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai ulang tahun mereka agar semakin mengesankan.

5. Kopi Darat

Jaringan lokal memang masih menjadi primadona untuk meraih pelanggan setia karena kekuatan saat duduk bersama dengan calon pelanggan lebih bernilai dibandingkan dengan melalui sosial media. Carilah informasi mengenai tempat berkumpul yang menyenangkan atau bisa juga dengan menyelenggarakan sebuah konferensi di daerah tempat tinggal Anda.

Beberapa metode marketing di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru yang potensial ataupun mempererat hubungan dengan pelanggan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar