Minggu, 05 Oktober 2014

Cara Menghemat Saat Merantau

Ketika anda bersekolah atau bekerja di kota lain atau bahkan di negara lain, biasanya yang menjadi masalah adalah keuangan. Walaupun ada pemasukan tetapi pengluaran membengkak. Terlebih ketika kita berasal dari daerah yang sulit akan hiburan. Di kota besar khususnya hiburan menjadi sebuah gaya hidup yang menyebabkan kita menjadi konsumtif.

Ada beberapa cara untuk menghemat saat anda merantau. Dalam artikel ini anda akan belajar bagai mana cara menghemat sehingga keuangan anda tidak membengkak.

1. Bersabarlah untuk berbelanja

Kamu harus menahan nafsu untuk membeli pakaian dan mengikuti mode. Caranya adalah dengan mencari mall-mall yang mengadakan midnigth sale seingga ketika berbelanja kamu akan mendapatkan diskon yang besar. Cek promo-promo yang berlaku itu juga akan membuat kamu mendapatkan kesempatan lebih untuk barang yang bagus dengan harga yang murah.

2. Jangan Berbelanja Online Dengan Ongkos Kirim

Carilah toko online yang memberikan ongkos kirim gratis sampai rumah anda. Atau lakukanlah COD (Cash On Dilivery) ini akan menghemat pengeluaran anda. Karena nilai barang yang anda beli otomatis meningkat ketika ditambahkan ongkos kirim. Selain itu dengan sistem COD anda tidak akan tertipu oleh barang murahan karena dapat melihat barangnya secara langsung.

3. Jauhi Kehidupan Cafe

Sebetulnya kebutuhan hidup kita untuk makan hanyalah agar perut terisi. Mau itu makanan murah atau mahal kenyangnya itu sama. Untuk apa kita mengeluarkan uang lebih untuk makanan yang sama dengan makan di cafe yang hanya menjual suasana. Dengan menjauhi kehidupan Cafe biaya kebutuhan makan anda akan drastis berkurang. Tetapi anda akan tetap merasa kenyang.

4. Tinggalkan kartu kredit dan kartu debit anda di rumah

Dengan membawa uang secukupnya saat keluar rumah membuat anda menghindari jajan berlebihan. Dan biasakanlah anda merencanakan belanjaan anda saat hendak berbelanja. Jiaka ada barang yang diinginkan saat menggunakan metode ini anda akan selamat. Anda akan merasa malas untuk mengambil uang kembali ke rumah. Dampaknya anda akan tidak boros dan membeli hanya keperluan yang dibutuhkan bukan belanjaan yang berdasarkan nafsu anda.

5. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor Jarak Dekat

Jika anda menggunakan kendaraan hanya untuk menempuh jarak 100 m ke warung itu akan sangat boros bahan bakar. Berusahalah untuk tidak malas berjalan. Berjalan selain dapat menghemat juga baik untuk tubuh anda. Terlebih bagi anda yang jarang berolahraga berjalan adalah salah satu alternatif olahraga yang baik untuk kesehatan.

Beberapa tips diatas akan sangat berguna bagi anda yang sedang berusaha berhemat atau menabung untuk membeli kebutuhan anda yang lebih penting seperti tempat tinggal. Sangat banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah boros ketika merantau ke negeri orang. Sehingga hasilnya ketika kembali ke ke kampung halaman tidak menghasilkan apa-apa akibat dari gaya hidupnya yang sangat boros. Usahakan anda menuliskan pemasukan maupun pengeluaran biaya yang telah anda lakukan. Bandingkan antara sebelum dan sesudah melaksanakan tips di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar